Rabu, 25 Februari 2009

Teknik Membaca Cepat

Teknik membaca Cepat…


Pengennya sih ngikutin informasi terbaru setiap hari. Tapi terkadang malas membaca nih…? Enakan tidur aja deh daripada membaca? Kayaknya sulit deh melahap semuanya dalam waktu singkat nan cepat. Apalagi kerjaan banyak, laporan belum kelar, cucian menumpuk, belum masak, belum menyetrika baju dan kegiatan lain yang super padet. Terus gimana dong biar cepat membaca tapi paham sepaham-pahamnya. Gampang…

Ikutin deh tips berikut ini…InsyaAllah akan dimudahkan…

1. Singkirkan deh mitos-mitos tentang membaca

Misalnya membaca itu sulit, tidak boleh menggunakan jari ketika membaca atau membaca atau membaca harus perlahan-lahan agar dapat memahami isinya. Buang jauh-jauh deh pikiran kayak gitu,

2. Gantikan dengan gagasan-gagasan baru

Misalnya membaca itu mudah dan boleh menggunakan jari sebagai penunjuk. Dengan positive thinking seperti ini kita akan percaya diri untuk membaca cepat.

3. Siapkan diri dengan menyesuaikan kondisi fisik dan mental.

Cari deh tempat yang tenang untuk membaca. Terus putar musik agar syaraf kita menjadi rileks sekaligus siap untuk mulai membaca. Kemudian pilihlah posisi duduk yang nyaman.

4. Melihat sekilas bahan bacaan

Periksalah daftar isi, judul bab, huruf yang dicetak miring, grafik maupun gambar dan semua yang nampak menonjol. Hal ini akan membantu meningkatkan pemahaman dan memperkuat ingatan.

5. Mulailah membaca dan usahakan untuk memahami apa yang dibaca. Caranya :

a. Ciptakan minat dan libatkan seluruh indra. Dengan minat yang tinggi terhadap apa yang kita baca, ditambah dengan konsentrasi penuh akan membuat anda mudah dan cepat memahami bahan bacaan tersebut.

b. Membaca secara aktif. Ketika membaca kita harus mendapatkan jawaban minimal atas pertanyaan 5W + 1H (what, where, when, who, why dan how)

c. Pahami gagasannya bukan kata-katanya. Gagasan tertuang dalam keseluruhan kalimat, karena itu nggak perlu mengeja kata per kata. Lebarkan jangkauan pandangan mata selebar halaman buku yang sedang dibaca dan tangkap isinya dalam sekali lihat.

d. Buat peta pikiran dengan membuat catatan singkat atas bahan yang sudah dibaca.

6. Kalau perlu gunakan jari sebagai petunjuk

Cara ini akan membantu mempercepat gerakan mata. Juga gunakan jari untuk membalik halaman dengan cepat.

7. Berlatih setiap hari

Setiap keterampilan memerlukan proses latihan. Luangkanlah waktu 10 menit setiap hari untuk membaca dengan menggunakan teknik-teknik diatas.InsyaAllah akan gampang membaca dengan cepat (A_Q/Agst/08/03)


SELAMAT MENCOBA…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar